Detail Berita

KKN UM Ciptakan Plangiasi Sebagai Petunjuk Arah

PAIT KASEMBON - Program Kerja Plangiasi disusun oleh anggota KKN UM 2021 sebagai petunjuk arah menuju balai desa pait, kasembon.  
Pelaksanaan pembuatan plangiasi hanya ditujukan untuk arah ke balai desa karena sebelumnya Desa Pait sudah mempunyai petunjuk arah atau plangiasi yang menunjukkan nama-nama wilayah yang ada di Desa Pait

"Sebelumnya ada yang cari balai desa, tapi salah arah dan nyasar jauh sampai wilayah sebelah" Ujar Kepala Desa Pait pada saat observasi pertama anggota KKN.

Mendengar pernyataan itu, muncul sebuah ide dari anggota KKN sebagai solusi atas masalah yang dipaparkan secara tidak langsung oleh Kades setempat.

"Iya, akhirnya muncul ide program kerja plangiasi, yang pada awalnya adalah masterplan namun dibalai desa ternyata sudah ada masterplan yang cukup megah dan bagus, sehingga kita cari yang belum ada dan dibutuhkan oleh desa, yaitu petunjuk arah menuju balai desa pait" tanggap Allan selaku penanggung jawab program kerja

Plangiasi dibuat secara bertahap mulai dari observasi, perencanaan, pelaksanaan dan pemasangan. Pembuatannya pun butuh waktu dan tidak dilakukan hanya pada satu waktu karena harus mencari alat dan bahan, pembentukan plangiasi dan pengecatan.


Partisipasi dan dukungan masyarakat cukup tinggi, dimana masyarakat desa Pait turut aktif dan memberikan antusiasme dalam pelaksanaan program sehingga program dapat berjalan lancar dan masyarakat dapat mengambil manfaatnya dengan lebih maksimal.

Meskipun demikian, tentunya ada beberapa kendala dan hambatan dalam pelaksanaan program, seperti jarak tempuh yang jauh antar dusun maupun antar rumah warga, cuaca yang tidak mendukung seperti tingginya curah hujan di kawasan pegunungan, beberapa persiapan yang kurang ketika program dilaksanakan, serta terkendalanya program akibat berlakunya peraturan PPKM Darurat Covid.

"Pembuatannya plangiasi sudah selesai, dan telah dilaksanakan penyerahan pada Kepala Desa pada 25/7 2021 sekaligus penutupan kegiatan KKN UM Reguler Blok 2021, tentunya besar harapan kami sebagai anggota KKN supaya plangiasi yang diberikan memberikan manfaat bagi pihak desa maupun pendatang yang berkunjung ke Desa Pait" terang Karina, Penanggung jawab program kerja plangiasi (TS)

 

Berita Terkait