Detail Berita

SOSIALISASI BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA OLEH BNN KOTA BATU DI DESA PAIT KECAMATAN KASEMBON

Selasa (31/08/2021) Mahasiwa Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Luar Sekolah angkatan 2018 kelompok 16 yang sedang menjalankan KPL (Kajian Praktik Lapangan) di Desa Pait, Kec.Kasembon Kabupaten Malang mengadakan sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bekerja sama dengan BNN Kota Batu yang berperan sebagai narasumber.
Di Desa Pait, Kec.Kasembon ini belum pernah ada yang mensosialisasikan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, oleh karena itu mahasiswa KPL UM 2021 mengusulkan program kerja sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Adapun tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi potensi penyalahgunaan narkoba dan juga untuk mengedukasi dan memberikan informasi yang akurat tentang bahaya dan juga dampak yang ditimbulkan jika menggunakan narkoba.

Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh lapisan masyarakat terutama para remaja di Desa Pait, Kec.Kasembon Kab.Malang. Penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja saat ini semakin meningkat dan hal ini bisa berdampak pada keberlangsungan hidup di masa yang akan datang. Karena remaja merupakan generasi penerus bangsa sehingga gencarnya sosialisasi narkoba sangat penting untuk menekan angka pengguna narkoba di Indonesia.

Azka (22) selaku ketua pelaksana program kerja Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba di Desa Pait, Kec.Kasembon Kab.Malang Jawa Timur menyampaikan “program ini merupakan bentuk pengabdian terhadap masyarakat dan alasan yang melatar belakangi terbentuknya proker ini dikarenakan di Desa Pait, Kec.Kasembon belum pernah diadakan sosialisasi tentang bahaya narkoba. Oleh karena itu saya dan anggota KPL Um 2021 berharap dengan diadakannya sosialisasi ini bisa memberikan edukasi dan informasi terhadap masyarakat Desa Pait.”

Pelaksanaan Program kerja ini dilakukan di Gedung Kesenian Balai Desa Pait, Kec.Kasembon Kab.Malang Jawa Timur dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, doa, sambutan-sambutan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemaparan materi, dan diakhir dengan tanya jawab dan penutup. Pemaparan materi dilakukan oleh Ibu Novita Putri selaku narasumber dari BNN Kota batu dengan waktu 45 menit dan 30 menit untuk sesi tanya jawab. Materi yang disampaikan oleh Ibu Novita meliputi tentang jenis-jenis narkoba, bahaya narkoba, jumlah pengguna narkoba, dampak bagi pengguna narkoba dan lain sebagianya.

“Saya sangat senang sekali dengan adanya sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang diadakan oleh mahasiswa KPL UM 2021, karena ini pertama kalinya dan sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan warga Desa pait, Kec.Kasembon.” Tutur Babinsa Desa Pait. “Jangan takut untuk melapor ke BNN kalau ada masyarakat yang memiliki tanda-tanda mengkonsumsi narkoba karena BNN menjaga penuh informasi mengenai pelapor dan pengguna narkoba.” Tutur Ibu Novita Putri.

 

Berita Terkait