Detail Berita

Fun Learning Berbasis Kebangsaan Untuk Siswa Siswi MI MIFTAHUL FATA Dusun Slatri Oleh Mahasiswa KPL UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2021

Apa sih fun learning itu?

Fun Learning merupakan cara belajar yang mengasyikkan dan menyenangkan berpusat pada kondisi psikologi siswa dan suasana lingkungan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Metode Fun Learning adalah salah satu cara membuat suasana belajar mengajar menjadi nyaman sehingga terciptalah rasa cinta dan keinginan peserta didik untuk belajar. Penyajian metode belajar yang bervariatif perlu diberikan kepada siswa agar tidak terjadi kejenuhan dalam belajar. Jika belajar dikemas dalam suasana fun akan mendapat reaksi yang positif dari siswa. 

kegiatan fun learning yang  dilaksanakan selama 4 minggu setiap hari minggu.  setiap kegiatan selalu diawali dengan senam sehat hal ini dilakukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani para siswa dan siswi di masa pandemi covid19 ini.

pada minggu ke 1, kegiatan dilakukan dengan menyanyikan lagu "Garuda Pancasila" Kegiatan ini dilakukan dikarenakan banyak lagu-lagu yang beredar sudah tidak bertemakan rasa nasionalisme terhadap tanah air Indonesia. Tentu lagu-lagu tersebut banyak dihafal oleh siswa-siswi sekolah dasar. Sehingga siswa-siwi sekolah dasar lebih banyak menghafal lagu-lagu tersebut dibandingkan lagu nasional. kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran makna burung garuda dan diakhiri dengan permainan moving ball yag diiringi musik.

Pada minggu ke 2, kegiatan yang dilakukan yaitu seperti biasa diawali dengan senam sehat dan kemudian dilanjutkan dengan lomba mewarnai.

Pada minggu ke 3, kegiatan yang dilakukan adalah permainan estafet jump ball dan juga tebak kata.

Pada minggu ke 4, kegiatan minggu keempat ini bisa dikatakan acara puncak dari fun learning yang sudah diadakan di minggu-minggu sebelumnya. karena pada minggu keempat diadakan outbound atau permainan permainan yang melatih kekompakan para siswa siswi dan juga pengumuman pemenang lomba mewarnai yang diadakan pada minggu ke 2. 

 

Berita Terkait