Detail Berita

Abdiku Untukmu Indonesia : Mahasiswa MBKM UM Sukseskan Vaksinasi Covid 19 Desa Pait

Indonesia saat ini tengah melawan pandemi Covid-19. Oleh karena pandemi ini, Indonesia mengalami perubahan yang sangat ekstrim dalam segala bidang. Dalam era pandemi ini, Indonesia cukup kesulitan dalam menangani pasien terdampak Covid-19. Banyak rumah sakit hingga klinik mengalami penambahan pasien setiap harinya. Langkah demi langkah telah dilakukan oleh pemerintah guna menekan penyebaran Covid-19. Pemerintah tidak hanya melakukan penanganan tetapi juga melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Bentuk pencegahan yang dilakukan oleh pemerintah salah satunya melalui program vaksinasi. Pelaksanaan vaksinasi dinilai cukup efektif dalam melakukan pencegahan melawan virus Covid-19.

Vaksin bekerja dengan melawan virus yang menyerang tubuh manusia. Banyak vaksin yang diciptakan untuk melawan covid diantaranya ada Sinovac, Astrazeneca, Sinopharm, dll. Setiap vaksin memiliki kelebihan masing masing, namun terlepas dari hal tersebut vaksin memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap pencegahan virus Covid-19. Pada era sekarang, banyak tempat yang menyelenggarakan program vaksinasi guna melakukan pencegahan Covid-19. Seringkali masyarakat mengeluh akan akses untuk melakukan vaksinasi karena keterbatasan kuota vaksin. Dengan mendengarkan keluhan masyarakat tersebut pada tanggal 4 Oktober 2021, Polresta Batu mengadakan vaksin di Desa Pait Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.

Panitia pelaksana kegiatan vaksin terdiri atas perangkat desa dan kader-kader desa. Kegiatan dilaksanakan mulai dari pukul 8 pagi, namun sekitar pukul setengah 7 warga sudah mulai memadati balai desa untuk mengikuti kegiatan tersebut. Warga yang mengikuti kegiatan ini berasal dari 5 dusun, yakni Tangkil, Baraan, Selatri, Bonjagung, dan Pait Lor. Alur kegiatannya yaitu warga yang menjadi peserta vaksin terlebih dahulu mengumpulkan identitas diri dan nomor antrian ke meja administrasi sesuai dengan dusun masing-masing. Kemudian, peserta menunggu antrian hingga namanya dipanggil untuk menuju meja pemeriksaan diri. Setelah itu, peserta yang lolos pemeriksaan diri akan langsung menuju bilik vaksin. Setelah selesai, peserta langsung diperbolehkan pulang. Kemudian, para peserta vaksinasi dapat mengambil kartu vaksin di kepala dusun masing-masing.

Desa Pait merupakan salah satu desa yang terletak di daerah paling utara Kabupaten Malang. Terkait dengan kondisi tersebut agenda vaksinasi yang dilakukan oleh Polresta Batu cukup membantu untuk warga desa Pait, mengingat letak desa yang cukup jauh dari pusat kota. Pada waktu yang bersamaan dengan pelaksanaan program vaksinasi, terdapat 13 Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang melakukan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) membangun desa turut serta membantu pelaksanaan program vaksinasi di Desa Pait. Pengalaman ini merupakan pengalaman yang sangat berharga bagi para Mahasiswa. Melalui hal ini, diharapkan mahasiswa dapat menjalin interaksi dengan warga di Desa Pait sehingga program MBKM membangun desa nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Program MBKM membangun desa sendiri merupakan program yang dicanangkan oleh Menteri Kemenristekdikti guna menjadikan mahasiswa merdeka dalam melakukan pembelajaran. Tujuan utama dari program ini adalah agar para generasi muda mampu untuk membangun penataan daerah yang baru, sehingga mampu bersaing dengan daerah yang lain. Program ini dilaksanakan selama satu semester dalam kalender akademik universitas. Setiap mahasiswa akan dimasukkan dalam kelompok desa, dimana hal ini juga dilakukan di Desa Pait. Pada hari ini  mahasiswa peserta mkbm telah melakukan misi pertama untuk membantu dalam vaksinasi dalam desa tersebut. Ketika dihadapkan dengan banyak masyarakat, mahasiswa akan dituntut untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari selama ini terlebih dalam kelompok di desa Pait merupakan mahasiswa psikologi. Mahasiswa dapat dikatakan cukup antusias dalam melakukan misi pertamanya, dimana pada waktu ini masyarakat menyambut secara positif. Hal ini tentu membuat para peserta MBKM membangun desa semakin bersemangat dan hal ini merupakan pembuktian bentuk pengabdian untuk Indonesia.

Berita Terkait