Detail Berita

Pelatihan Pemasaran dan Packaging Produk Olahan Makanan Se Desa Pait Tahap I

Pelatihan Pemasaran dan Packaging Produk Olahan Makanan Se Desa Pait Tahap I
 

Masyarakat Desa Pait mempunyai banyak konsumen yang mengolah olahan makanan antara lain ada kerupuk petulo, keripik gadung, keripik talas, kopi, enting entong jahe, stik kentang, dan ada juga stik singkong. Dengan banyaknya produk olahan makanan yang ada di masyarakat desa Pait ini, Mahasiswa KPL PLS UM melaksanakan program Pelatihan Pemasaran dan Packaging Produk Olahan Makanan se Desa Pait. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari yang juga dibagi menjadi II tahap. Pada hari pertama, artinya tahap I ini materi yang diberikan tentang pengetahuan secara umum tentang Pemasaran dan Packaging.

Pemasaran dibagi menjadi 2 pemasaran secara offline dan secara online, dimasa pandemi covid-19 ini, pemasaran online menjadi berkembang semakin pesat melalui media pemasaran online seperti yang sudah diketahui oleh publik Shoppe, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya. Bisa juga berjualan yang di online kan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Masyarakat pedesaan perlu tau akan hal ini, harus bisa tetap bersaing di dunia media sosial, walaupun di rumah tetap berjualan secara offline tapi juga bisa dengan online. Packaging dalam setiap produk pastinya berbeda beda, tapi bagaimana caranya agar produk terlihat lebih cantik, lebih unik sehingga pembeli akan merasa tertarik dan membelu produk yang ditawarkan. Seperti cara menata, tata letak sebuah produk dalam kemasan, jenis kemasan produk, dan harus tau seberapa awet produk dalam kemasan.

Sasaran dari Program Kerja ini yaitu Perwakilan pemilik produk setiap dusun 2 orang, perwakilan karang taruna, dan 1 Ibu Kasun sebagai pendamping dari dusun. Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Ibu Kepala Desa Ibu Wiwik Sunarto, Bidan Desa Ibu Muntianah, Ketua Pokja 3 Ibu Rita ,dan Ibu Yuni selaku pengelola Yayasan Kalasuba Indonesia Kasembon yang juga sebagai pemateri dari kegiatan ini. Selain ada Ibu Yuni, pemateri dalam kegiatan tahap I hari pertama ini ada saudari Firda Dwi Cahyani yang juga sebagai Ketua Pelaksana dalam kegiatan ini, dan Andrian Eko Saputro pemateri dari penjelasan pemasaran secara online melalui media sosial/media pemasaran online. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 14 September 2020 di Balai Desa Pait dari pukul 09.00-12.00 WIB. Kegiatan begitu lancar, para peserta mengikuti dengan seksama sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik dan semestinya.

 

Berita Terkait