Detail Berita

STUDI LAPANG KARANG TARUNA DUSUN TANGKIL DI KAMPUNG BUDAYA PUJON KIDUL DALAM PENGUATAN PROGRAM KAMPUNG WISATA

STUDI LAPANG KARANG TARUNA DUSUN TANGKIL DI KAMPUNG BUDAYA PUJON KIDUL DALAM PENGUATAN PROGRAM KAMPUNG WISATA
 

Peran serta organisasi kepemudaan sebagai salah satu komponen partisipasi sosial masyarakat yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan karena organisasi tersebut mitra potensial pemerintah dalam upaya mengurangi dan memecahkan masalah-masalah sosial.  Organisasi lokal sebagai sumber daya potensial dituntut berperan secara optimal untuk menggerakkan masyarakat dalam pembangunan. Salah satu organisasi lokal yang ada hampir di setiap desa atau kelurahan adalah karang taruna sebagai tempat atau wadah pembinaan generasi muda saat ini. Karang taruna Dusun Tangkil terdiri dari pemuda pemudi dusun yang mempunyai visi misi untuk mengembangkan potensi alam dan budaya yang beragam.

Dusun Tangkil sendiri memiliki lahan perkebunan dan pertanian yang cukup luas. Mata pencaharian masyarakat mayoritas sebagai petani dan peternak sapi. Dalam perencanaan pembangunan, karang taruna Dusun Tangkil perlu menyusun strategi dan struktur kepengurusan secara jelas agar program kampung wisata yang akan dijalankan terarah dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Karang taruna Dusun Tangkil juga harus mengetahui konsep kampung wisata seperti apa yang akan dikembangkan di Dusun Tangkil dengan beragam potensi yang ada. Namun, pada kenyataannya karang taruna Dusun Tangkil masih dilema mengenai konsep yang akan dibangun.Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan diatas, dapat dikatakan bahwa dalam pembangunan yang akan dilakukan karang taruna sangat perlu mengetahui situasi kondisi lingkungan fisik sosial dan budaya yang ada agar program yang dilakukan dapat berkesinambungan. Partisipasi masyarakat juga penting dalam pembangunan karena berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan pengembangan kampung wisata. Keterlibatan masyarakat dalam penerimaan program mengakibatkan keberhasilan pembangunan tersebut akan sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan masyarakat itu sendiri (Mediawati, 2011:175)

Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memfasilitasi karang taruna Dusun Tangkil dalam penguatan program kampung wisata. Harapannya dari hasil program yang dilakukan dapat dijadikan pedoman dan menambah wawasan karang taruna dalam meningkatkan kompetensi serta kreatifitas membangun kampung wisata yang direncanakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum'at 18 September 2020 di Kampung Budaya Pujon Kidul. Mahasiswa KPL PLS UM datang ke Kampung Budaya ini dengan Perwakilan Karang Taruna dari Dusun Tangkil. Program ini juga salah satu program berkelanjutan dari Program Penguatan Kapasitas Kelembagaan dimana waktu itu Pengawas dari BUMDES Pujon Kidul yang ke desa Pait, sekarang bergantian dari karang taruna desa yang ke desa Pujon Kidul. Semoga program ini juga memberikan kebermanfaatan untuk karang taruna dusun Tangkil. 

Berita Lain